Program Studi (PS)                             :  Budidaya Perairan

 

Jurusan/Departemen                           :  Perikanan

 

Fakultas                                               :  Pertanian

 

PerguruanTinggi                                  :  Universitas Muhammadiyah Makassar

 

Nomor SK pendirian PS(*)                  :  034/D/O/1994

 

Tanggal SK pendirian PS                    :  18 Mei 1994

 

Pejabat Penandatangan

SK Pendirian PS                                  :  Sekretaris Jenderal Pendidikan Tinggi

 

Bulan & Tahun Dimulainya

Penyelenggaraan PS                          :  J u n i  1 9 9 4

 

Nomor SK Izin Operasional (*)            :  4014/D/T/K-IX/2010

 

Tanggal SK Izin Operasional              :  14 Oktober 2010

 

Peringkat (Nilai) Akreditasi Terakhir   :  C

 

Nomor SK BAN-PT                              :  035/BAN-PT/Ak-XIV/S1/XI/2011

 

No.Telepon PS                                    :  (0411) 866972

 

No.Faksimili PS                                   :  (0411) 865588

 

 

N

o

 

Nama Dosen

Tetap

 

NIDN**

 

Tgl. Lahir

 

Jabatan

Akademik

 

Gelar Akade mik

 

Pendidikan S1, S2, S3 dan Asal PT

Bidang Keahlian

untuk Setiap Jenjang Pendidikan

(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
 

1

 

Syarifuddin Kune

 

0005055504

 

05-05-

1955

 

Lektor Kepala

Drs. M.Si

Dr.

S1 IKIP Makassar

S2 IPB Bogor

S3 UNHAS Makassar

Pendidikan Biologi

Ilmu Kelautan

Pengelolaan Pesisir

 

2

 

Abdul Haris

 

0021036708

 

21-03-

1967

 

Lektor Kepala

S.Pi.,

M.Si. Dr.

S1 Univ. Cokroaminoto

S2 UNHAS Makassar

S3 IPB Bogor

Sosek Perikanan

Pengelolaan Pesisir

Pengelolaan Pesisir

 

3

 

Burhanuddin

 

0912066901

 

12-06-

 

Lektor Kepala

S.Pi.,

MP

S1  UNHAS Makassar

S2 UNHASMakassar

Akuakultur

Ilmu Perikanan

 

4

 

A. Khaeriyah

 

0926036803

26-03-

1968

 

Lektor Kepala

Ir.,

M.Pd.

S1  UNHAS Makassar

S2  Univ. Neg. Makassar

Akuakultur

Lingkungan

 

5

 

Darmawati

 

0920126801

20-12-

1968

 

Lektor

Ir. M.Si S1 UMI Makassar

S2 UNHAS Makassar

Budidaya Perairan

Ilmu Perikanan

 

6

 

Murni

 

0903037304

03-03-

1973

 

Lektor

S.Pi.,

M.Si.

S1  Unismuh Makassar

S2 IPB, Bogor

Budidaya Perairan

Ilmu Perairan

 

7

 

Rahmi

 

0905027904

05-02-

1979

 

Lektor

S.Pi

M.Si

S1 UNHAS Makassar

S2 UNHAS Makassar

Budidaya Perairan

Ilmu Perikanan

 

8

 

Hamzah

 

0020066908

20-06-

1969

 

Lektor

S.Pi

M.Si

S1 UNHAS Makassar

S2 IPB Bogor

Budidaya Perairan

Ilmu Perikanan

 

9

 

Syawaluddin

Soadiq

 

0921127001

21-12-

1974

 

Asisten Ahli

Ir.,

 

M.Si.

S1  UNHAS Makassar

 

S2 IPB, Bogor

Pem. Sumberdaya

Perairan

Teknologi Perikanan

 

10

 

Abdul Malik

 

0910037002

10-03-

1970

 

Asisten Ahli

S.Pi

 

M.Si

S1 UMI Makassar

 

S2 UNHAS Makassar

Pem. Sumberdaya

Perairan

Ilmu Perikanan

 

11

 

Asni Anwar

 

0921067302

21-06-

1973

 

Asisten Ahli

S.Pi

 

M.Si

S1 UNHAS Makassar

 

S2 UNHAS Makassar

Manaj.Sumberdaya

Perairan

Ilmu Perikanan

 

12

 

Andi Chadijah

 

0904058605

04-05-

1986

 

Asisten Ahli

S.Pi

 

M.Si

S1 UNHAS Makassar

 

S2 IPB Bogor

Manaj. Sumberdaya

Perairan Pengelolaan SD Pesisir

 

13

 

Akmaluddin

 

0925098702

25-09-

1987

 

Dalam Proses

S.Pi

 

M.Si

S1 UNHAS Makassar

 

S2 UNHAS Makassar

Pemanfaatan Sumberdaya Perairan

Ilmu Perikanan

 

14

 

Farhanah Wahyu

 

0919078702

19-07-

1987

 

Dalam Proses

S.Pi

 

M.Si

S1 UNHAS S2 UNHAS Sosial ekonomi

Perikanan

Ilmu Perikanan

Mekanisme penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran serta strategi pencapaian dirumuskan berdasarkan masukan dari mahasiswa, dosen dan pegawai dengan tetap mengacu pada visi, misi Universitas Muhammadiyah Makassar serta visi, misi Fakultas Pertanian Unismuh Makassar.  Internal civitas akademik program studi Budidaya Perairan   merumuskan draf awal visi, misi melalui lokakarya dengan melibatkan  : stakeholder, dosen di luar program studi, dan alumi yang telah bekerja pada  berbagai  instansi  serta  pengguna  alumni.  Pelibatan  stakeholder  (dinas kelautan  dan  perikanan,  pengusaha  pembenihan  dan  masyarakat/petambak), dosen dan alumni dilakukan dalam bentuk kegiatan sosialisasi dan pelibatan dalam berbagai kegiatan ilmiah dan forum ilmiah.  Tuntutan perkembangan dunia kerja menjadi salah satu pertimbangan untuk melihat sampai sejauh mana lulusan program studi dibutuhkan. Berdasarkan masukan dan pertimbangan tersebut maka dibentuk tim perumus yang terdiri dari beberapa orang dosen untuk merumuskan draf visi, misi, tujuan dan sasaran program studi Budidaya Perairan.  Draf visi,misi, tujuan dan sasaran serta strategi pencapaian yang telah dirumuskan oleh tim perumus, dipresentasikan pada rapat program studi. Hasil rapat program studi menjadi pertimbangan tim perumus dalam menyempurnakan draf II. Draf II dipresentasikan kembali pada rapat program studi sebelum difinalkan. Draf visi dan misi yang difinalkan dan disahkan dalam rapat senat akademik tingkat fakultas.

VISI

Menjadikan Program Studi Budidaya Perairan sebagai Program Studi yang Unggul dalam Mewujudkan Sumberdaya Manusia yang Bersaing dalam Bidang Budidaya Perairan Darat pada Tahun 2025 dan Dilandasi Akhlak Mulia.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang  berorientasi  pada  pengembangan  ilmu pengetahuan, teknologi dan keterampilan bidang budidaya perairan darat dalam mewujudkan sumberdaya manusia yang memiliki daya saing.
  2. Melaksanakan penelitian dan  kegiatan  lain  di  bidang  budidaya  perairan  yang berorientasi pada pengelolaan sumberdaya hayati perairan darat yang berbasis pada kearifan lokal dan pengelolaan berkelanjutan.
  3. Mengembangkan dan menerapkan ilmu dan teknologi untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan, kepeloporan, kewirausahaan dan inovasi ditengah masyarakat.
  4. Menumbuhkembangkan segenap civitas akademika yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia.

TUJUAN

  1. Menjadi Program Studi  Budidaya  Perairan  yang  dapat  membentuk  Sarjana Budidaya  Perairan  yang  kompetitif  dalam  mengembangkan  IPTEKS  sesuai dengan kompetensi dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam bidang Budidaya Perairan Darat.
  2. Menjadi Program Studi  Budidaya  Perairan  yang  dapat  mengembangkan  Ilmu Pengetahuan serta memberikan manfaat kepada kemajuan masyarakat dan dunia usaha Budidaya Perairan Darat.
  3. Menjadi Program Studi Budidaya Perairan yang dapat memberikan manfaat bagi kemajuan dan kesejahtaraan masyarakat melalui berbagai bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat  secara  berkualitas  dan  berkelanjutan  dalam bidang Budidaya Perairan.
  4. Menjadikan Program Studi  Budidaya  Perairan  yang  mampu  bersaing  dengan program studi sejenis sehingga menjadi program studi favorit bagi calon mahasiswa.
  5. Menjadikan Program Studi Budidaya Perairan yang memiliki iklim akademik yang kondusif sehingga mampu mendukung proses akademik yang berkualitas
  6. Menjadikan Program Studi Budidaya Perairan yang  memiliki identitas Sarjana Budidaya    Perairan dengan  kesadaran keimanan kepada Allah SWT

Strategi Pencapaian bidang Pembelajaran/Pendidikan

  1. Perkuliahan dilakukan dengan model student center learning dimana mahasiswa lebih pro aktif, sehingga pengembangan potensi diri mahasiswa akan terbentuk melalui proses diskusi dan kerjasama kelompok
  2. Peningkatan kompetensi dan profesionalitas dosen pengampuh mata kuliah melalui penugasan dosen dalam studi lanjut S3, peningkatan jenjang kepangkatan dosen dan mendorong dosen untuk mendapatkan sertifikasi pendidik.
  3. Peningkatan kondisi suasana akademik, khususnya dalam aspek otonomi keilmuan dan kebebasan mimbar akademik yang sehat dan bertanggung jawab, melalui seminar dalam berbagai disiplin ilmu yang ada dikembangkan baik prodi, fakultas maupun universitas.
  4. Peningkatan  kompetensi   kurikulum   dengan   melakukan   pengembangan sesuai kebutuhan akademik dan atau profesional, melalui perubahan muatan kurikulum dan atau perubahan batas minimal beban  studi, serta perubahan menjadi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dengan melibatkan stakeholder  internal  (pengelola  dan  lulusan)  dan  eksternal  (pengguna lulusan).
  5. Penggunaan materi perkuliahan melalui internet agar secepatnya dapat diakses oleh mahasiswa
  6. Pengembangan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dengan mempertimbangkan masukan stakeholder.
  7. Peningkatan kompetensi mahasiswa lebih ditekankan pada penguasaan manajemen dan teknologi budidaya perairan, sehingga mahasiswa diberikan tugas mandiri atau kelompok sesuai dengan kondisi terkini.
  8. Peningkatan kompetensi pengelolaan penjaminan mutu di tingkat Universitas (Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penjamina Mutu/P4M), penjaminan mutu internal oleh Unit Penjaminan Mutu (UPM)   di tingkat Fakultas   dan Gugus Kendali Mutu (GKM) di tingkat Program Studi Universitas Muhammadiyah Makassar secara berkala dan terprogram.